Senin, 30 Maret 2015

Pasir Panjang, Singkawang, Kalimantan Barat

Sumber Gambar

Pantai Pasir Panjang adalah  pantai yang berpasir putih dan panjang yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Karena pantai ini membentang sekitar 3 km, sehingga disebut Pantai Pasir Panjang.

Akses Kota Singkawang berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, pengunjung dapat naik taksi, travel, atau bus sampai Kota Singkawang. Dari pusat Kota Singkawang, Pantai Pasir Panjang berjarak sekitar 17 kilometer lagi. Pengunjung dapat mengaksesnya dengan menggunakan taksi, bus, atau minibus, untuk harga tiket masuk pengunjung hanya perlu membayar dengan harga Rp 5.000,-..

Pengunjung dapat melihat keindahan pantai dengan menikmati panorama laut biru dan berlatar kaki langit yang juga biru dari kejauhan bisa dilihat Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dibatasi oleh perairan Laut Natuna. Di pesisir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur dan melakukan aktivitas olahraga seperti voli pantai, sepakbola pantai dan kegiatan-kegiatan olahraga lainnya.

Keindahan lautnya bisa kita lihat dari kejernihan dan kebersihan sehingga sangat mendukung bagi pengunjung yang ingin untuk melakukan aktivitas berenang atau menyelam. Selain air lautnya, ombak dari pantai relatif besar dan menjadi tempat bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai arena berselancar dan area memancing bagi pengunjung maupun warga setempat.

Bila penggunjung ingin berinteraksi langsung dengan kehidupan masyarakat setempat, maka pengunjung dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, atau bersantai di shelter-shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta. Suasana kawasan pantai kian indah ketika menjelang detik-detik terbenamnya matahari (sunset) di balik pulau-pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai ini. Pengunjung dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar